Virus Komputer
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer sendiri adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Namun, bila dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:
* Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
* Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan
mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
* Hacking - merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer
pengguna yang mengakses laman internet tertentu, dengan atau tanpa
program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.
Cara Mengetahui Virus Komputer
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak Antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus
virus komputer.
Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Symantec, BitDefender, avast!, AVG, Avira AntiVir, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.
sumber : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=100534&s=3e6427f04de18d4d5d929b24a8a16578&p=5273625&viewfull=1#post5273625
Local Area Network (LAN) – Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan aturan / protokol komunikasi melalui media transmisi, sehingga dapat saling berbagi data, proses dan informasi. Dapat menggunakan resource (sumber daya—hardware/software) secara bersama-sama.
Manfaat dari Local Area Network yang menghubungkan komputer-komputer dalam sekolah adalah Integrasi data antara data siswa dan data akademik sehingga dapat diperoleh informasi yang akurat dan up-to-date.Menekan biaya investasi pengadaan perangkat komputer dan pheriperal yang menjadi dasar infrastruktur e-Education, dengan memanfaatkan fasilitas sharing sumber daya (printer, hard disk, dan lain-lain) masing-masing unit komputer yang terkoneksi ke LAN.
Memungkinkan komunikasi antar pemakai komputer yang terhubung dalam satu
Jaringan komputer.
Konfigurasi sistem LAN ini mengarah ke model jaringan berbasis TCP/IP yang menjadi standart sistem jaringan Internet. Hal ini dimaksudkan agar, penggunaan LAN sebagai dasar penggunaan jaringan Internet.
E-education / E-learning
E-education
Sistem pendidikan berbasis media elektronik internet pola e-education berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada
Perkembangan tersebut memungkinkan akses melalui berbagai terminal yang mobilitasnya tinggi sehingga disebut dengan m-education (mobile-education)
Keinginan agar e-education mampu berinteraksi dengan pengaksesnya, maka tercipta sistem e-education yang interaktif, disebut i-education (interactive-education)
E-learning
Pembelajaran on-line adalah pembelajaran yang menggunakan internet untuk menyampaikan bahan ajar kepada siswa yang dipisahkan oleh waktu atau jarak, atau keduanya (Dempsey & Eck, 2002). Medium yang digunakan adalah sistem komunikasi jaringan.
Perancang Pembelajaran on-line harus memperhatikan hal-hal berikut :
1. Hasil belajar yang diinginkan (learning outcomes) internet lebih bermanfaat untuk hasil belajar kognitif ketimbang pengembangan keterampilan psikomotor (psychomotor skill development) atau perubahan sikap (attitudinal change)
2. Penggunaan konsep interactions dan interactivity seringkali dikacaukan antara penggunaan konsep interaksi dengan konsep interaktif. Interaksi merujuk kepada keterlibatan perilaku dimana secara langsung saling mempengaruhi; interaktif merujuk kepada lingkungan belajar dua arah
3. Lingkungan on-line sebagai komunitas belajar meskipun tampaknya sebagai perolehan pengalaman yang terisolasi karena hanya berhadapan pada komputer, tetapi dapat dirancang untuk membentuk komunitas belajar seperti perancang, tutor kelompok, kolaborasi sehingga berkembang kreativitas dan partisipasi.
Pengenalan Internet
Pengertian Internet
Internet adalah kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi, seperti telepon. Setiap komputer pribadi yang tergabung dalam jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data lateral citra dan suara. Seketika itu dan dalam dua arah. Istilah lain untuk internet adalah dunia maya, cyberspace,homepage atau www (world wide web)
Pengoperasian jaringan bertumpu diatas sarana telekominikasi. Jalur lambatnya penggunakan modem dan saluran telepon; sedangkan jalur cepatnya menggunakan SDN atau frame relay.
Fasilitas Internet
Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakainya untuk berkomunikasi dan memeperoleh informasi. Berikut ini dilampirkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh internet, antara lain :
• E-mail
• Mailing List (kelompok diskusi)
• File server/transfer
• Web/Distributed Multimedia database, serata
• Video dan Suara
Kriminalitas di Internet
Dalam jaringan komputer seperti internet, masalah kriminalitas menjadi semakin kompleks karena ruang lingkupnya yang luas.
Jenis-jenis kejahatan di internet terbagi dalam berbagai versi. Salah satu versi menyebutkan bahwa kejahatan ini terbagi dalam dua jenis, yaitu kejahatan dengan motif intelektual. Biasanya jenis yang pertama ini tidak menimbulkan kerugian dan dilakukan untuk kepuasan pribadi. Jenis kedua adalah kejahatan dengan motif politik, ekonomi, atau kriminal yang potensial menimbulkan kerugian bahkan perang informasi.
sumber : http://moduskejahatan.blogspot.com/2008/06/kriminalitas-di-internet.html
Teknologi Komputer dalam masyarakat
Perkembangan Komputer dalam satu abad ini begitu cepat, dan tak terkendali bahkan melebihi dari perkembangan manusia yang menciptakan teknologi tersebut.
Uraian diatas hanya contoh kecil yang ada, kalau dilihat perkembangan secara lebih luas bagaimana ketika lahirnya teknologi Komputer yang dikonvegerasikan dengan teknotogi informasi yaitu Lahirnya Internet. Dengan lahirnya internet terjadi perubahan disemua sektor begitu cepat sehingga untuk memberikan ataupun meminimalisasi akan kecolongan.
Ada beberapa hal-hal yang kehidupan masyarakat yang berubah dari lahirnya internet;
1. Dunia Usaha
Ketika belum lahirnya internet, mungkin Budi Sudarsono sebagai pemilik Detik.com tidak pernah berpikiran bahwa dia akan menjadi salah satu dari 100 orang terkaya di Indoneisa. Dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha baru yang lahir dan jenis perdagangan baru yang muncul.
2. Semua bisa menjadi sumber informas
Pada saat ini, setiap orang dapat dengan mudah untuk menjadi sumber ataupun mencari sumber informasi, karena tak terbatasnya jaringan komputer yang terkoneksi dengan komputer lain.
sumber : http://irfan-na.blogspot.com/2008/02/teknologi-komputer-dalam-masyarakat.html
Pemanfaatan Jejaring Sosial yang Optimal dan Sehat
Jejaring sosial merupakan sesuatu yang sangat digandrungi saat ini. Bukan hanya dari kalangan remaja tetapi semua kalangan juga sangat menggandrungi jejaring sosial. Dari mulai facebook, twitter, blog, kaskus, dan masih banyak lagi jejaring-jejaring sosial yang merajalela di dunia maya ini. Semuanya mengarah pada satu tujuan, yaitu bersosialisasi dengan berbagai budaya, saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan banyak orang di dunia maya serta untuk media promosi.
Jejaring-jejaring sosial memang dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi semua kalangan jika kita secara sehat memanfaatkannya. Pemanfaatan jejaring sosial yang tidak sehat hanya akan membuang-buang waktu yang bahkan akan dapat menimbulkan kerugian bagi pemiliknya. Oleh karena itu pemanfaatan jejaring-jejaring sosial secara sehat akan menghasilkan keuntungan yang optimal bagi kita.
sumber : http://citrap.blogspot.com/2010/07/pemanfaatan-jejaring-sosial-optimal-dan.html
Peran Komputer dalam Masyarakat
Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan tentu Menggunakan Komputer dibidang :
1. Perbankan
2. Perdagangan
3. Industri
4. Transportasi
5. Rumah Sakit
6. Pendidikan
7. Seni
8. Penelitian
9. Rekreasi
10. Hankam
11. Komunikasi
Sumber : http://olwin.wordpress.com/2010/11/01/komputer-dan-masyarakat/
Bentuk Kecanduan Komputer dan Internet
Istilah kecanduan komputer dan internet (internet and computer addictive) adalah sebuah konsep kajian yang masih baru dan perlu didiskusikan. Konsep perilaku kompulsif ini bukanlah bentuk formal seperti halnya bentuk gangguan (disorder) psikologis lainnya, masih diperlukan penelitian secara lebih mendalam terhadap perilaku ini.
Beberapa Bentuk Kecanduan Internet
1. Ketagihan cybersex
2. Kecanduan dalam menjalin hubungan di dunia maya
Faktor Resiko
Diagnosa kecanduan komputer dan internet ditentukan bila perilaku penggunaan komputer dan internet dilakukan secara intens selama 6 bulan berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Faktor utama penyebab kemunculan adiktif ini tidak diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli menyimpulkan bahwa fasilitas-fasilitas yang interaktif, grafis yang indah, dapat menjadi daya tarik tersendiri. Kemudahan dalam mengakses internet juga dapat menjadi pemicu perilaku adiktif, beberapa kampus menyediakan fasilitas yang mudah bagi mahasiswa untuk mengakses internet secara gratis, biaya atau iuran yang sangat murah, dan tersedianya cafe-cafe internet. Siapa saja yang berpotensi mengalami adiktif?
1. Individu yang aktif mempunyai blog atau website
2. Individu yang melakukan registrasi pada website social networking
3. Individu yang terikat dengan forum
4. Gamer
5. Chatter
Sumber : http://www.psikologizone.com/bentuk-kecanduan-komputer-dan-internet-bagian-1
Manfaat Komputer Bagi Masyarakat Masih Kurang
Di tengah arus globalisasi dan tekhnologi informasi yang pesat, kita harus menggali Manfaat Komputer Bagi Masyarakat secara optimal. Karena di era yang serba digital seperti sekarang ini, segala sesuatunya pastilah memiliki keterkaitan dengan dunia komputer. Beberapa hal yang menghambat penggunaan komputer di instansi pemerintah adalah :
1. Minimnya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang tekhnologi terkini.
2. Mental korup yang kuat, menjadikan masalah kerumitan birokrasi menjadi sebuah hal yang disengaja.
3. Belum meratanya pembangunan tekhnologi informasi khususnya di wilayah pedesaan dan kawasan luar Jawa.
4. Masih rendahnya masyarakat yang melek komputer, sehingga sebagian masyarakat masih memilih untuk mendapatkan pelayanan dengan sistem konvensional yang berbasis pencatatan paper atau kertas.
Sumber :http://www.anneahira.com/manfaat-komputer-bagi-masyarakat.htm
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment